Hasil Quick Count Pemilukada Kota Batu 2012

Hasil Quick Count Pemilukada Kota Batu 2012

Oleh Laboratorium Ilmu Politik & Rekayasa Kebijakan (LaPoRa) FISIP Universitas Brawijaya, pada tanggal 2 Oktober 2012, pkl. 15.45 WIB.

Data masuk 100 persen, dari 160 TPS sampel, yang tersebar di 3 kecamatan dan 24 kelurahan/ desa se-Kota Batu. Margin error sebesar 2 %, diperoleh data perolehan suara sdebagai berikut:

1. Abd Majid – Kustomo: 24 %

2. Suhadi – Suyitno (Dino):  21 %

3. Gunawan – Sunjoyo (WakGus): 6 %

4. Eddy Rumpoko – Punjul Santoso: 48 %

Suara tidak sah: 1 %

Total suara: 39.216 suara.

Quick count ini dimaksudkan terutama untuk memberikan pembelajaran secara technical dan practical kepada mahasiswa Ilmu Politik FISIP Universitas Brawijaya, dengan peminatan Metode Ilmu Politik  (wajib), dan kepada sebagian mahasiswa peminatan Governance & Transisi (disarankan). Praktikum lapang ini sekaligus memberi pengalaman langsung mahasiswa agar lebih mampu lagi mengimplementasikan teori dengan realitas praktis. Pemilukada merupakan peristiwa politik yang bisa diukur (measurable) dengan kuantifikasi. Kuantifikasi politik dengan menggunakan salah satu metode yang lazim dipergunakaan dalam mata kuliah Komputerisasi Politik yakni quick count, polling atau survey, membantu pemahaman pembelajar ilmu politik dengan lebih mudah. Pengamatan langsung ini juga membantu pemahaman mata kuliah Sistem Politik Indonesia.

Angka-angka yang tertera dalam hasil quick count ini juga  bermakna hasil pengukuran secara riil terhadap hasil kerja riil para calon dalam pemilukada, setelah mereka berikhtiar menggunakan kemampuan komunikasi politiknya selama masa kampanye pemilu (selama tahapan pemilukada) bahkan kampanye politik pada masa sebelumnya untuk merebut simpati masyarakat pemilih. Karenanya, para pembelajar Komunikasi Politik, Opini Publik dan Polling Politik, juga sangat baik mengikuti proses penghitungan suara versi quick count ini.

Selain tujuan dan manfaat akademik di atas, secara sosial, quick count bermakna memberikan pendidikan politik kepada masyarakat luas termasuk para calon dan penyelenggara pemilihan umum serta sispa saja yang berminat pada studi politik lokal dan dinamika politik.

Dan, secara teknis, hasil quick count ini tidak sekali-kali membayangi hasil penghitungan  manual KPU Kota Batu. Untuk hasil yang legal yakni untuk kepentingan sirkulasi politik secara formal, tentu saja, penghitungan suara manal versi KPU yang digunakan.

Dan dalam kesempatan ini pula, LaPoRa FISIP Universitas Brawijaya, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya  kepada para mahasiswa dan dosen Ilmu Politik FISIP Universitas Brawijaya yang telah berpartisiapsi dalam pembelajaran langsung mereka, kepada Kaprodi dan Sekprodi Ilmu Politik dengan dukungannya, Dekan FISIP Universitas Brawijaya dengan dukungannya sehingga kegiatan ini bisa terselenggara. Kepada teman-teman media massa yang telah menyebarluaskan hasil quick count ini. Juga, kepada Ketua dan Anggota KPU Kota Batu atas rekomendasi dan data-data yang kami perlukan, dan Ketua dan Anggota  Panwas Pemilukada Kota Batu atas kerjasamanya yang baik di lapangan, Kanit Politik Polda Jatim dan staf atas kerjasamanya di lapangan.

Kiranya, pilar-pilar demokrasi akan terus terawat dan terjaga atas komunikasi yang baik di antara kita…

Semoga Kota Batu dan Jawa Timur bertambah dewasa dan semakin baik.

Dao zhe. Ling min yu shang tong yi ye. Gu ke yi yu zhi si, ke yi yu zhi sheng, er bu wei wei

Moral force  yang menyatukan rakyat dengan penguasa, membawa kesepakatan yang selarasuntuk common goal. Maka, rakyat siap hidup dan mati bagi sang penguasa tanpa rasa takut !

Sun Tzu

(ditafsir bebas oleh WK)

Apakah Batu dan Jawa Timur selaras dengan ujaran Lao Tse Sun Tzu tersebut?

Apapun tafsirnya, kita adalah a learning society.. masyarakat yang sedang belajar…

Salam,

Ttd.-

Wawan E. Kuswandoro

Kepala Laboratorium  Ilmu Politik & Rekayasa Kebijakan (LaPoRa) FISIP Universitas Brawijaya

Persiapan Quick Count Pemilukada Kota Batu 2012

To all personnels Quick Count Laboratorium Ilmu Politik dan Rekayasa Kebijakan (LaPoRa) FISIP Universitas Brawijaya:

Setelah briefing, silakan download materi berikut (2 files). Checking lokasi, bisa dilakukan secara mandiri, sesuaikan waktunya. Senin, 1 Oktober 2012 koordinasi akhir, sebelum go to lokasi pada 2 Oktober 2012 (hari pemungutan suara pemilukada Kota Batu 2012).

PLOTTING TPS QUICK COUNT BATU 2012

KODE DAN NAMA MAHASISWA N SEND TO SERVER – QC BATU 2012

Masing-masing personel yang bertugas di lapangan, harus sudah mengetahui lokasi TPS masing-masing. Pada hari pemungutan suara (2 Oktober 2012) harus siap di lokasi pada pukul 12.00 WIB. Pemungutan suara dimulai pada pukul 07.00 dan ditutup pada pukul 13.00 WIB. Penghitungan suara dilakukan mulai pukul 13.00 WIB.

Personel yang bertugas di DESK / DATA CENTER, harus sudah berada di posisinya, pada pukul 12.00 WIB, didampingi Mrs. Dhora.

DESK / DATA CENTER QUICK COUNT LAPORA FISIP UNIVERSITAS BRAWIJAYA:

Hotel Imam Bonjol, Batu >> depannya boss…. hehe…. Rumah Sdr. Jefry.. 🙂

Daftar Alamat TPS Yang Dikunjungi

Tiap-tiap enumerator lapang silakan salin Daftar Alamat TPS dari daftar alamat TPS yang ada di Lab. Politik (LaPoRa) atau di meja saya di prodi Ilmu Politik. Hubungi Mr. Noordin.. :).

Semua personnels wajib mengenakan atribut resmi: jas almamater UB dan ID Card RESMI berlogo UB, LaPoRa, KPU dan berstempel KPU Kota Batu. Copy Surat Rekomendasi dari KPU Kota Batu dibawa juga ya…. 🙂

OK guys….

Shikarri yatte kudasai !!!

Quick Count ini diselenggarakan secara mandiri, untuk kepentingan akademik, oleh Laboratorium Ilmu Politik dan Rekayasa Kebijakan (LaPoRa) FISIP Universitas Brawijaya.


Leave a Reply (Tulis Balasan atau Komentar)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s