Kecerdasan Sosial Spiritual

Tulisan singkat, kontribusi dari anggota group pemberdayaan diri “Personal Excellent Community” ini menarik. Kecerdasan sosial dan spiritual. Memang diperlukan untuk menjadi bagian dari diri manusia. Bagaimana cara meng-install anasir kepribadian yang “cerdas secara sosial dan spiritual” ini? Tentunya “embedded” dengan proses belajarnya. Baik belajar secara formal maupun non-formal.

MiracleWays®

‘Anak kecil itu pulang sekolah sambil menangis tersembab, sang ibu berkata, mengapa nak? dia jawab, aku tadi ndak bisa memberi uang ke ibu tua di pinggir jalan. lho kan uang jajanmu cukup? tanya ibunya, iya bu, tapi sudah aku habiskan beli kue di kantin sama teman-teman!’….
..
teman, menjadi manusia ekselensi tidak hanya berarti memiliki kecerdasan IQ yang tinggi, tapi juga kefasihan merasa derita sosial. dimensi kecerdasan emosional-spiritual-sosial ini layak dijadikan kurikulum pembelajaran anak di rumah. mari kita mulai bersama anak-anak kita membangun kecerdasan ini dengan harapan terciptanya masyarakat ekselensi bukan arogansi edukasi mandiri semata.
..
cak dar, 29-nop-2010.

Tulisan di atas adalah sumbangan Sudarmaji Lamiran yang diposting di:

Group Personal Excellent Community

View original post


Leave a Reply (Tulis Balasan atau Komentar)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s