Pengantar Ilmu Politik

Pengantar Ilmu Politik, mengantarkan mahasiswa pada pemahaman dasar ilmu politik, sehingga mahasiswa memahami pengertian dasar, konsep dasar, ruang lingkup bahasan, mendefinisikan peristiwa politik, dan memahami manfaat pembelajaran ilmu politik. Siapa saja yang boleh belajar ilmu politik, dan untuk apa belajar ilmu politik?

Dimulai dari pemahaman umum, apa itu POLITIK, mahasiswa diajak untuk berpikir tentang hakikat ilmu politik, manusia, yang dalam keseharian kehidupannya, tak lepas dari peristiwa politik, mereka terlibat langsung dalam kegiatan politik. Karena itulah, tidak ada alasan untuk tidak belajar ilmu politik. Dalam pemahaman berikutnya, mahasiswa diajak berpikir dan mendiskusikan, apa itu ILMU POLITIK, apa saja yang dipelajari, mengapa ilmu politik ADA, bagaimana ILMU POLITIK DIBANGUN. Pembahasan berlanjut, dari hal-hal yang biasa diamati mahasiwa sehari-hari, yang dapat dikategorikan dan didefinisikan sebagai kegiatan dan peristiwa politik, yakni yang kira-kira dapat dianggap sebagai OBJEK KAJIAN ilmu politik (landasan ONTOLOGIS ilmu politik), ke hal-hal yang bersifat substansial dari mana dan bagaimana ilmu politik DIBANGUN (landasan EPISTEMOLOGIS ilmu politik). di sinilah mahasiswa dikenalkan dengan dasar-dasar FILSAFAT POLITIK, PEMIKIRAN POLITIK, IDEOLOGI POLITIK, dan mendiskusikannya serta menariknya ke ranah kontekstual kekinian, yakni tentang bagaimana kira-kira filsafat, pemikiran dan ideologi dan teori politik tersebut dapat menjelaskan peristiwa -peristiwa politik. dalam kaitan ini mahasiswa juga diperkenalkan pada PENDEKATAN yang digunakan untuk mempelajari ilmu politik, KONSEP DASAR ilmu politik dan ASUMSI DASAR ilmu politik. dilanjiutkan dengan membahas sub sub materi bahasan ilmu politik, seperti: negara, pemerintahan, birokrasi, kebijakan publik, civil society, sistem kepartaian, pemilu, kepemimpinan politik, konflik, perilaku, partisipasi politik, sistem politik, pembangunan politik, politik global, hubungan internasional, mahasiswa diajak dalam pemikiran tentang manfaat pembelajatran ilmu politik, hingga secara aplikatif – kontekstual. Inilah landasan AKSIOLOGIS ilmu politik. Ilmu politik bukanlahj ilmu yang berhenti di angkasa, melainkan merupakan ILMU yang dilandaskan atas METODE ilmiah, dan dapat digunakan !

Menilik keluasan spektrum kajian ilmu politik, mahasiswa dipersilakan untuk mencoba memikirkan dan mencontohkan jangkauan peristiwa, kajian ilmu politik, yang kemudian disinkronkan dengan metode brainstorming dan diskusi, untuk dideskripsikan secara sistematis, ke dalam beberapa pembahasan kelas, yang terdistribusikan untuk pembelajaran selama 1 semester, dengan jangkauan materi pembelajaran yang memuat:

1. Konsep Dasar Ilmu Politik: pemahaman dasar, konsep, jangkauan.

2. Asumsi Dasar Ilmu Politik

3. Pendekatan, Filsafat, Pemikiran Politik.

4. Ideologi Politik Dunia

5. Kekuasaan, Kewenangan dan Legitimasi Politik.

6. Bangsa, Negara dan Pemerintah

7. Partai Politik, Sistem Kepartaian dan Pemilu

8. Kepentingan, Konsensus, Konflik dan Proses Politik

9. Perilaku dan Partisipasi Politik

10. Keputusan Politik dan Kebijakan Publik

11. Budaya, Sosialisasi dan Komunikasi Politik

12. Model-model Sistem Politik

13. Dinamika dan Pembangunan  Politik

14. Politik Global dan Hubungan Internasional

ke-14 materi pembelajaran tersebut meliputi pembelajaran interaktif kelas (ceramah dan tanya jawab), diskusi dan penugasan.

TUGAS TERSTRUKTUR mahasiswa dalam kelas Pengantar Ilmu Politik dibuat dalam bentuk non-printed material (untuk menghemat kertas), dengan menggunakan sarana blog yang dikreasi oleh mahasiswa, di bawah pengawasan dosen pengampu.

1. Kelas A Politik 1 (A.Pol.1)

2. Kelas B Hubungan Internasional 1 (B.HI.1)

 

REFERENSI:

Budiarjo, Miriam, Dasar-Dasar Ilmu Politik.

Huntington, Samuel P., Tertib Politik pada Masyarakat Yang Sedang Berubah, Rajawali Press.

Kaldore, Mary, Global Civil Society.

Gaus, Gerarld F., dan Chandran Kukathas, terj. 2012. Handbook Teori Politik, Nusa Media, Bandung.

Santoso, Listiyono, dkk. 2012. Epistemologi Kiri, Ar-Ruzzmedia, Yogyakarta.

Sargent, Lyman Tower, Ideologi Politik Kontemporer, Bina Aksara.

Surbakti, Ramlan, Memahami Ilmu Politik

Thomson, David, Pemikiran-Pemikiran Politik, Aksara Persada Indonesia, Jakarta.

Varma, SP, Teori Politik Modern, Rajawali Press.

Leave a Reply (Tulis Balasan atau Komentar)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s