Reformasi Sektor Publik

Argumen (diperlukannya) reformasi sektor publik adalah pentingnya hak-hak publik dan warga negara dalam konteks layanan yang seharusnya mereka dapatkan selaras dengan proses demokrasi dalam layanan sektor publik. Dalam konteks ini, nilai-nilai kepublikan (public value) menjadi hal penting. Public value dapat dianalogkan dengan hasrat untuk memaksimalkan nilai-nilai kebersamaan dalam sektor publik. Pendekatan ini meniscayakan adanya peningkatan kualitas  pengambilan keputusan sektor publik (sebut saja “public manager”) dengan mendekatkan para public managers ini dengan para pengguna layanan dan publik secara luas dalam konteks governance.

Secara singkat, public value mengandung 3 pertanyaan kunci bagi para public managers:  

(1) Untuk apa (keberadaan) organisasi publik;

(2). Akuntabel untuk siapa;

(3) Bagaimana mengetahui bahwa organisasi publik telah mencapai sukses melayani publik.

Reformasi sektor publik, dalam kerangka ini adalah untuk menggunakan instrumen-instrumen dalam deliberative governance  untuk memastikan bahwa organisasi publik bertindak responsif terhadap public preferences.

Pelibatan publik (citizen) bukanlah mengikuti pendapat publik atau menyerahkan kepada kemauan publik, tetapi menempatkan kebutuhan publik melalui dialog dengan warga (citizen) untuk menghimpun informasi yang berguna bagi peningkatan layanan bagi organisasi publik.

Public value menawarkan kerangka pemikiran sistematis bagi pencapaian tujuan (goal setting) dan pengukuran, karena:

  • Public managers berpikir tentang tujuan layanan mereka.
  • Keniscayaan kebutuhan dialog dengan warga untuk memastikan bahwa layanannya telah sejalan dengan harapan publik.
  • Harapan publik tersebut ditransformasikan menjadi tujuan yang jelas dan performa (kinerja) organisasi yang terukur.

Maka, sehubungan dengan kinerja yang terukur, maka organisasi publik harus efisien dan efektif untuk merealisasikan gagasan tentang general welfare. Dalam hal ini, harus dilakukan serangkaian upaya untuk memperbaiki kinerja untuk mewujudkan governance yang lebih baik dan upaya-upaya pembaruan manajemen publik.

Reformasi sektor publik, dalam pandangan ini adalah tentang proses restrukturisasi dan penyesuaian (realigning) organisasi publik agar berperilaku efektif dan efisien, yang kemudian diverifikasi dengan akuntabilitas sosial (social accountability).

Maka, bahan belajar untuk keperluan di atas adalah:

1.     Promoting the General Welfare: New Perspectives

1.1.       Performance Government: Missing Opportunities to Solve Problem

1.2.       Policy Analysis in Representative Democracy

1.3.       Decision Markets for Policy Advice

1.4.       An Experimental Basis for Public Policy Initiatives

1.5.       Can Congress Serve the General Welfare?

1.6.       Congress as Problem Solver

1.7.       Parties as problem Solver

1.8.       Taking the Brandeis Metaphor Seriously

1.9.       The State as a Laboratory: Legal Innovation and State Competition for Corporate Charter

1.10.   Two Perspectives on Governmental Underperformance

2.     How to Improve Governance / The New Public Governance (2.7-2.10)

2.1.       Do Transparency, Accountability, Governance, and Corruption Matter?

2.2.       Principals and Agents

2.3.       Interest Group Dynamics

2.4.       Signals and Actions

2.5.       Political Systems

2.6.       Interventions

2.7.       Global perspectives on governance

2.8.       Meta-governance and public management

2.9.       Innovations in governance

2.10.   Governance and governability

3.     New Public Management

3.1.       Basic approaches in the twentieth century.

3.2.       Practical relevance of public sector management.

3.3.       The bureau: too much X-inefficiency

3.4.       The public enterprise: not socially useful

3.5.       Redistribution: the efficiency–equity trade-off

3.6.       Welfare states or welfare societies?

3.7.       From long-term to short-term contracting

3.8.       Contractualism in the public sector: the basic approach

3.9.       Variety of roles of government in contracting regimes

3.10.   Public policy, contracting and the CEOs

4.     The New Public Governance

4.1.       Does governance exist?

4.2.       What endures? Public governance and the cycle of reform

4.3.       Theory of organizational partnerships: partnership advantages, disadvantages and success factors

4.4.       Public–private partnerships and public governance challenges

4.5.       Introducing the theory of collaborative advantage

4.6.       Relationship marketing, relational capital and the governance of public services delivery

4.7.       Leading across frontiers: how visionary leaders integrate people, processes, structures and resources

4.8.       Public governance and the third sector: opportunities for co-production and innovation?

4.9.       Governance, contract management and public management

4.10.   Trust in governance networks: looking for conditions for innovative solutions and outcomes

5.     Public Administration After “The New Public Governance” / New Public Governance

5.1.       Quantitative Comparison of Public Service Employment.

5.2.       Qualitative Assessments of Recent Reforms.

5.3.       Implementation and managerial networking in the New Public Governance.

5.4.       From new public management to networked community governance? Strategic local public service networks in England.

5.5.       Policy networks: theory and practice.

5.6.       Policy networks in practice: the debate on the future of Amsterdam Airport Schiphol.

5.7.       Governance, networks and policy change: the case of cannabis in the United Kingdom.

5.8.       Public governance and public services delivery: a research agenda for the future.

6.     Social Accountability in the Public Sector

6.1.Pro-Accountability Reform

6.2.Social Accountability

6.3.Hand-out (all Slides)

 

Ke-6 bahan bacaan tersebut adalah referensi utama pemahaman terhadap reformasi sektor publik secara teoritikal dan praktikal.

 

Leave a Reply (Tulis Balasan atau Komentar)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s