Cara Cek Password Email Yang Bocor

cara cek password email yang bocorBelakangan marak berita tentang bocornya akun-akun di marketplace Indonesia dan diperjualbelikan di pasar gelap (black market). Bahkan salah satu situs terkenal yang core business-nya di bidang proteksi anti-virus juga membenarkan ihwal pencurian password ini. Situs ini mencatat terdapat miliaran detil login dari ratusan websites yang terpapar radikalisme eh serangan hacker, per tahun. Ia juga mencatat terdapat 30.031.208.297 password telah tercuri pada aktivitas online ilegal.

Kenapa bisa tercuri? Ini bisa terjadi ketika anda login ke situs-situs tertentu, bahkan situs terkenal yang telah anda “kenal” dan gemari.

Waduh, padahal banyak kerjaan online kita berbasis alamat email ya. Bisa bahaya nih.

Mungkin anda berpikir, “aah alamat email saya gak penting, dan saya bukan orang penting. Gak mungkin orang mau nyolong password email saya”. Saya awalnya juga berpikir demikian.

Iseng-iseng saya cek salah satu alamat email saya. Ternyata… ada jejak telah bocor sebanyak 8 kali dengan sejak 10 bulan lalu terhitung sejak saya posting tulisan ini.

Nah…

Gimana cara ceknya?

Ini deh, caranya. Langsung aja…

Buka via situs avast ya. Dah pada kenal kan.. Ya, avast yang anti-virus itu.

  1. Klik sini: https://www.avast.com/hackcheck/
  2. Masukkan alamat email yang mau dicek pada kolom yang tersedia.
  3. Cek di email anda untuk melihat situs-situs mana yang “ketempatan” bocornya password email anda. Anda juga bisa ngeliat password yang digunakan di situ.

 

Lebih jelas, bisa cek tutorial di YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=gP_oqxwvRgw&t=18s

 

Oke.. semoga bermanfaat!

 

 


Leave a Reply (Tulis Balasan atau Komentar)